AKULAH YANG DIKANDUNG TANPA NODA DOSA

 

Mutiara Injil Hari Ini
Sabtu 7-12-2013
Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda
Bacaan:
Kej.3: 9-15,20
Ef.1: 3-6,11-12
Luk.1: 26-38


http://en.m.wikipedia.org/wiki/Immaculate_Conception

*Keterangan foto:
La Purísima Immaculada Concepción, oleh Bartolomé Esteban Murillo, 1678, sekarang disimpan di Museo del Prado, Spain


Tgl 8 Desember 1854, Sri Paus Pius IX dlm bulla Kepausan berjudul "Ineffabilis Deus" menyatakan bhw pengajaran ttg "Santa Perawan Maria yg dikandung tanpa noda" sebagai Dogma.
Sebagian Gereja Orthodox Oriental (bukan Eastern Orthodox) & sebagian Anglo-Catholic maupun sebagian Lutheran (denom pengikut Martin Luther) juga ada yg memegang ajaran ini namun hanya Gereja Katolik dlm Ritus Latin/Roma yg dgn tegas menyatakannya sbg Dogmatik.
Status Dogmatik berarti bahwa pengajaran itu diyakini bebas dari bahaya sesat.

Sejak itu, Gereja Katolik memperingati 8 Desember sbg Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Tp karna pd tahun ini tgl 8 Desember bertepatan dg Hari Minggu maka sesuai prinsip Liturgi yg mengkhususkan Hari Minggu sbg hari Kemuliaan Tuhan, maka Hari Raya tsb, meski didedikasikan utk Bunda Maria, digeser utk dirayakan pd hari ini, Sabtu, 7 Desember 2013.

Bagi org2/kelompok tertentu, dogma ini sering dipahami dgn SALAH sbg pengagungan Gereja Katolik (khususnya Ritus Barat) terhadap Bunda Maria utk menyamakan posisi beliau dg Yesus.

Padahal itu semua hanyalah ketidakpahaman. Gereja Katholik tak bermaksud ataupun bertindak menyamakan/menyejajarkan Bunda Maria dg Yesus yg adalah Allah Putera.

Digesernya Hari Raya Bunda Maria ini, dari tgl 8 Desember yg jatuh pd Hari Tuhan (Domingos/Minggu) mjd hari Sabtu adalah salah satu bukti bhw bagi Gereja Katolik posisi TUHAN Allah tak boleh ditawar2... Allah tetap Tuhan; dan Bunda Maria takkan pernah disamakan/disejajarkan dg Tuhan.

Secara umum, penolakan sebagian kelompok yg terpisah dari Gereja Katolik itu didasari oleh pemahaman bhw Yesus Kristus menebus SEMUA MANUSIA. Dan krn Bunda Maria juga manusia maka ia juga memerlukan penebusan.
Pemahaman ini TIDAK SALAH! Bunda Maria sebagai manusia memang memerlukan juga penebusan oleh dan dari Kristus.....TAPI.....ada perbedaan dlm "saat" penebusan Bunda Maria dibandingkan dengan manusia2 lain.

Kemurnian Bunda Maria itu krn sejak awal mula Tuhan sendiri memilih Bunda Maria mjd "vessel/wadah" untuk mengandung Sang Juru Selamat/ Mesias/ Al Masih/Kristos.

Secara sederhana, prinsip pengajaran Immaculata Conceptio atau Dijadikan tak bercela sejak awal mula itu dpt kita analogikan, meski tak mungkin akurat, dg contoh benda profan/duniawi.

Tentu kebanyakan dari kita tahu ttg Airforce One, pesawat terbang yg sangat istimewa itu. Pesawat itu konon sering disebut sbg "benteng terbang".
Pabrik pembuat Airforce One adalah juga produsen yg menghasilkan pesawat2 komersial dan militer biasa. Tapi secara khusus Airforce One dirancang dg berbagai kelengkapan, kesterilan, & kemegahan yg berbeda dg pesawat2 lain. Mengapa? Disain khusus itu diterapkan BUKAN utk kebaikan Airforce One itu sendiri atau sekedar tampak bagus, tapi karena penumpang yg menumpanginya, yaitu Presiden Amerika Serikat.

Jika vessel/ wadah yg ditumpangi pemimpin negara kuat di dunia ini saja amat memerlukan perlakuan khusus demi kehormatan si pemimpin, maka terlebih lagi jika Sang Putera Allah hendak hadir ke dunia.

Jadi, sebelum segala sesuatunya dijadikan & sebelum ada peredaran waktu, Allah, dalam Kristus Yesus, sudah "memisahkan" Maria dari dosa.

Ini bisa kita ketahui dlm bacaan pertama di mana saat manusia pertama jatuh ke dalam dosa, Allah berfirman kepada ular yg menggoda Hawa bhw keturunan ular & keturunan perempuan itu akan bermusuhan. Pada suatu "titik" di mana Rencana Keselamatan belum masuk ke dlm Ruang & Waktu, suatu sosok telah diambil & dipisahkan Allah utk terhindar dari dosa demi menjadi saluran kelahiran Mesias... Dan sosok itu adalah Maria, anak Yoachim & Anna, anak dara yg akan mengandung Mesias dari Roh Kudus. Mengapa Maria? Karena itu adalah KehendakNya!

Dan Alkitab juga menyatakan adanya keterpilihan "sebelum dunia dijadikan" yg dpt kita baca dlm bacaan kedua hari ini (Ef.1:3-6,11-12). Jika kita saja, yg terkena dosa asal "dipilih--Dalam Kristus--sebelum dunia dijadikan" (ay.4) maka jelas bhw Bunda Maria terlebih lagi memungkinkan utk dipilih Allah. Mengapa? Karena utk mengandung Mesias, bayi Kudus tanpa cela, diperlukan wadah yg "Kudus dan tak bercacat" (Ef. 1:4)

Jadi, dlm hal ini keterpilihan Bunda Maria berbeda dg kita. Mesias adalah Perjanjian Baru, dan Maria ibuNya adalah Tabut Perjanjian Baru.
Dan sebagaimana Tabut Perjanjian Lama dibangun sedemikian agung sehingga bagian luar dan dalamnya berlapiskan emas, maka demikian pula Maria sang Tabut Perjanjian Baru diciptakan Allah secara murni luar dan dalam....bersih secara jasmani dan rohani bebas dari kenajisan. Karena Allah Putera sendiri yg berdiam di dalam Rahim itu dan Janin Kudus itu tumbuh secara menyatu dgn tubuh ibuNya, maka sang ibupun harus murni secara keseluruhan agar kekudusan Janin Kudus Mesias tak ternodai.

Jadi, sekarang kita boleh tahu bahwa kemurnian Bunda Maria itu bukan karena kebaikan atau "upah" usaha manusiawi Maria atau utk pengagungan Maria... Bukan itu!
Kemurnian Maria dari dosa bukanlah suatu dambaan atau cita2, melainkan tuntutan atau prasyarat teologis utk Kehadiran Mesias.
Utk menghadirkan Sang Mesias yg murni dan bebas dosa, maka pertumbuhan Janin Kudus Mesias harus berada dlm Rahim Kudus pd tubuh yg bebas dari proses kedosaan.
Untuk itu, tumbuh-kembang Maria diharuskan secara imani utk bebas dari dosa pula.
Maka berbahagialah kita yg mengimani & memahami hal ini serta senantiasa memohon Rahmat Tuhan atas kita melalui Maria, IbuNya yg Kudus, bunda kita juga. Amen!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sederet Puisi Kurangkaikan Untukmu "JUNI”

MENGAPA BUNDA MARIA DI SEBUT HAWA YANG BARU?

MENGENANG GETSEMANI