KUALITAS dan TOTALITAS SEORANG HAMBA

 
KUALITAS dan TOTALITAS SEORANG HAMBA

Mungkin banyak pernyataan dari mereka yang kurang memahami Bunda Maria seperti Umat Katolik memahami dan menempatkan Bunda Maria pada posisi khusus. Salah satu pernyataan yg dialamatkan kepada kita Umat...
Katolik adalah "Allah bisa memilih siapa pun sebagai sarana melahirkan Juru Selamat bisa saja Ibu X, Ibu Y karena itu tidak ada hal istimewa pada diri Bunda Maria"
Apakah yang akan terjadi apabila Bunda Maria mengatakan "Aku TIDAK MAU menjadi sarana untuk melahirkan Putra-Mu"
Umat Katolik memahami bahwa setiap manusia memiliki kehendak bebas (free will) apakah yang terjadi bila hal itu (kehendak bebas) digunakan Bunda Maria untuk tidak mengamini kehendak Allah?

Semua orang bisa mempunyai banyak spekulasi tentang hal ini, termasuk salah satunya adalah "penolakan" Bunda Maria.
Namun Injil telah memperlihatkan dan membuktikan, bahwa spekulasi dari pola pikir mereka terhadap kepatuhan Bunda Maria TIDAK TERBUKTI.
Buktinya adalah BUNDA MARIA MENGAMINI KEHENDAK ALLAH dengan mengatakan "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." (Luk 1:38).
Suatu bentuk ketaatan total yang TIDAK BERSYARAT BUNDA MARIA dengan menjawab "Aku ini hamba Tuhan, JADILAH padaku menurut perkataanmu itu".
Saya menyebutnya dengan PENYERAHAN DIRI secara TOTAL!

Allah yang Maha Tahu, ketika Adam dan Hawa diciptakan akan jatuh dalam dosa, maka Allah mengutus putra-Nya yang lahir melalui seorang perempuan (Galatia 4:4) dan perempuan ini adalah perempuan yang sama dengan yg ditulis pada Kejadian 3:15 "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya"
Allah sudah mempersiapkan semuanya, dari mulai nabi2 yang hidup sebelum Bunda Maria dalam Perjanjian Lama, memilih seorang perempuan; Bunda Maria, dan hadirnya seorang Penebus Yesus.
Allah mempersiapkannya dengan amat sangat sempurna!
Jika Allah mampu mempersiapkan Yeremia menjadi seorang nabi sejak Nabi Yeremia masih dalam kandungan, APAKAH ADA SATU HAL YANG MUSTAHIL DILAKUKAN ALLAH UNTUK MEMPERSIAPKAN BUNDA MARIA MENJADI BUNDA PUTRANYA?
Walaupun Allah memberikan kehendak bebas kepada umat-Nya, namun untuk Bunda Maria, Allah sudah mempersiapkan segalanya dengan amat sangat sempurna, tidak seperti manusia yang "mencoba-coba" sehingga seakan-akan JIKA MARIA MENOLAK makan Allah akan memberikan jawaban "Ya sudahlah AnakKu, karena kamu menolak, aku akan mencari perempuan lain sebagai bunda putraKu"
Faktanya adalah Allah TIDAK MEMPERSIAPKAN PEREMPUAN LAIN SELAIN BUNDA MARIA!
Dalam persiapan-Nya, Allah sudah melindungi Bunda Maria dari dosa asal sehingga Bunda Maria dapat menjawab keinginan-Nya dengan suatu TOTALITAS PENYERAHAN DIRI YANG SEMPURNA.

Dengan menjawab "Aku ini hamba Tuhan, JADILAH padaku menurut perkataanmu itu". Bunda Maria memberikan contoh agar kita semua sebagai anak2 Sang Bunda menjawab YA atas kehendak Allah.

"Biarlah hanya NamaNya yang dipermuliakan diseantero kolong langit"

Una, Sancta, Catholica et Apostolica
☧ Caritas Dei in cordibus nostris
See More

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sederet Puisi Kurangkaikan Untukmu "JUNI”

MENGAPA BUNDA MARIA DI SEBUT HAWA YANG BARU?

MENGENANG GETSEMANI